Hari Tua Bahagia Dengan BPJS

26 Jan 2017

BPJS Ketenagakerjaan atau Badan penyelenggara jaminan social ketenagakerjaan

Adalah badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada presiden dan berfungsi menyelenggarakan program jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja bagi seluruh pekerja indonesia termasuk orang asing yang bekerja di Indonesia (paling minimal 6 Bulan). Atau juga dapat dikatakan sebagai program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial. Dengan menyandang azas gotong royong, dimana yang muda membantu yang tua, yang sehat membantu yang sakit dan yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah.

Jaminan sosial merupakan suatu sistem untuk mewujudkan kesejahteraan dan memberikan rasa aman sepanjang hidup. Makna kesejahteraan itu adalah adanya pendapatan untuk membiayai hidup ketika seseorang mengalami risiko, yang berdampak secara keuangan. Misalnya, ketika kehilangan pekerjaan, mengalami kecelakaan, memasuki hari tua, mengalamisakit, dan bahkan tatkala meninggal.

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh program jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan antara lain :

  1. Manfaat Pensiun Hari Tua (MPHT)

uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta (masa iuran minimum 15 tahun / 180 bulan), saat memasuki usia pensiun sampai dengan meninggal dunia.

 

  1. Manfaat Pensiun Cacat (MPC)

uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta yang mengalami cacat total (akibat kecelakaan dan tidak atau cacat akibat penyakit) hingga meninggal dunia. Kejadian cacat tersebut terjadi paling sedikit setelah 1 bulan bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan dan menyebabkan cacat 80%.

 

  1. Manfaat Pensiun Janda / Duda (MPJD)

uang tunai bulanan yang diberikan kepada janda / duda yang menjadi ahli waris sampai meninggal dunia atau menikah kembali (syarat ketentuan berlaku).

 

  1. Manfaat Pensiun Anak (MPA)

uang tunai bulanan yang diberikan kepada anak yang menjadi ahli waris peserta (maksimal 2 orang anak) sampai usia anak mencapai 23 tahun atau bekerja atau menikah (syarat ketentuan berlaku).

 

  1. Manfaat Pensiun Orang Tua (MPOT)

uang tunai bulanan yang diberikan kepada orang tua (Bapak/Ibu) yang menjadi ahli waris peserta lajang (syarat dan ketentuan berlaku).

 

  1. Manfaat Lumpsum

peserta mendapatkan uang tunai sejumlah akumulasi iuran yang sudah dibayarkan ditambah hasil pengembangan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

 Manfaat Pensiun Berupa Manfaat Pasti dengan syarat dan ketentuan berlaku.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan bentuk lain penjamin kesejahteraaan dihari tua Jaminan Hari Tua (jaminan pensiun) Ketika seorang telah mencapai masa akhir usia bekerja, maka perusahaan akan memberhentikan sebagai pekerja pada perusahaan/usaha mereka dengan memberikan segala hal dan kewajiban perusahaan kepada pekerja salah satu yang akah diterima oleh pekerjaa adalah jaminan hari tua (jaminan pensiun) yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Mejadi anggota terdaftar BPJS Ketenagakerjaan bukan saja kita memiliki jaminan atas kecelekaan kerja namun program ini juga mempesiapkan bagaimana setiap pekerjaan menikmat hari tua nya setelah memasuki masa pensiun

Bagaimana BPJS Ketenagakerjaan bisa memberikan manfaat dan bahagia di hari tua ?

 Dengan menyandang azas gotong rotong, saling membatu dan bahu membahu satu sama lain antara para pekerja. Dengan kata lain, program jaminan pension BPJS Ketenagakerjaan bersifat dasar dan tidak bersaing dengan program pensiun yang diselenggarakan oleh pihak swasta tapi saling melengkapi, dan memberikan manfaat. Dimana seorang pekerja bisa mendapatkan manfaat dari program pensiun ini untuk bias meningkatkan kesejahteraan pekerja di masa pensiun, di saat tidak bekerja lagi

 Dalam hal Peserta mencapai Usia Pensiun sebelum memenuhi Masa Iur 15 tahun, Peserta berhak mendapatkan seluruh akumulasi Iurannya ditambah hasil pengembangannya, yang akan dibayarkan kepada peserta pada tanggal 1 bulan berikutnya setelah peserta mencapai usia pensiun dan dokumen telah diterima lengkap oleh BPJS Ketenagakerjaan.

 Besaran Iuran sebagaimana dimaksud dilakukan evaluasi paling ingkat 3 (tiga) tahun dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi nasional, yang akan digunakan sebfaagai dasar untuk penyesuaian kenaikan besaran Iuran secara bertahap menuju 8%, Adapun upah setiap bulan yang dijadikan dasar perhitungan Iuran terdiri atas Upah pokok dan tunjangan tetap pada bulan yang bersangkutan.

 manfaat dinikmati pekerja yang disebut dengan manfaat berkala dan manfaat sekaligus. Manfaat berkala itu artinya, seperti pengganti gaji. Jadi kalau peserta memasuki usia pensiun, di usia 56 tahun tidak bekerja lagi aka akan mendapatkan sampai 40 persen dari penghasilannya atau upahnya ketika menjadi peserta sampai dengan meninggal dunia,l Dan kalau meninggal dunia, akan diteruskan oleh istrinya dan kalau istrinya meninggal dunia akan diteruskan oleh anaknya sampai usia tertentu. Inilah yang membedakan program jaminan pensiun dengan program jaminan hari tua. Kalau program jaminan hari tua (JHT), merupakan kumpulan iuran masa kerja dikembangkan dan tatkala berusia 56 tahun akan mendapatkan sekaligus.

 Jadi manfaat pensiun berkala hanya berlaku bagi pekerja yang masa kepesertaannya diatas 15 tahun. Manfaatnya sendiri, selain manfaat berkala bisa juga diterima oleh istrinya, anaknya dan oleh orangtuanya kalau tidak menikah tergantung pada kondisi si peserta.

 Bayangkan jika keluar dari konsep yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan maka setiap pekerja dari awal berkarir/bekerja harus menambung dan meyisihkan sebagian dari pendapatan untuk hari tua mereka sendiri.

 Sementara selama menjalani pekerjaan banyak masalah dan musibah yang menimbulkan biaya tak terduga yang harus keluarkan, bahkan harus mengorbkan uang yang telah ditabungkan untuk biaya pengobatan

apakah kita mampu bahagia di hati tua kita nanti. Jangan untuk menikmati masa tua dengan anak cucu tetapi mungkin malah sebalik nya, harus bekerja lagi ! apakah itu yang kita inginkan dihari tua kita nanti, sementara orang lain menikmati hari tua mereka dengan Canada tawa bersama cucu dan anak – anak mereka

           


TAGS BPJS pensiun hari tua indonesia kesehatan ekonomi lifestyle


-

Author

campusto.blogspot.com

Follow Me

Search

Recent Post